Poejie's n Friend Hands Writings

Just Want To Know About Everything

Fixing: ALSA Audio Error di Ubuntu 8.10

Posted by otoy on 3 February, 2009

alsalogo

Setelah selesai mengistall Ubuntu 8.10, ada sebuah hal yang cukup mengganjal pada versi terbaru ini…, saya tidak dapat menggunakan ALSA audio driver untuk versi ini, dan saya harus menggunakan OSS sebagai gantinya, karena saya mendapatkan pesan error seperti ini setiap menggunakan ALSA, dan melakukan test di audio saya (System->Preference->Sound):

audiotestsrc wave=sine freq=512 ! audioconvert ! audioresample !
gconfaudiosink profile=music: Failed to connect: Connection refused

untuk anda yang memiliki masalah seperti ini, mungkin bisa mencoba cara dibawah ini:

Setelah Googling akhirnya saya menemukan cara yang sangat efektif untuk dapat kembali menggunakan ALSA, karena secara default ubuntu menggunakan pulseaudio untuk melakukan koneksi ke ALSA, jadi yang perlu dilakukan adalah dengan mematikan proses yang menjalankan pulseaudio dengan perintah berikut pada console:

sudo killall pulseaudio

Kemudian saya melakukan testing(System->Preference->Sound), dan bangggg… berhasil… saya menggunakan driver ALSA di ubuntu 8.10, kemudian selanjutnya melakukan remove untuk pulseaudio dari ubuntu saya:

sudo apt-get remove pulseaudio

One Response to “Fixing: ALSA Audio Error di Ubuntu 8.10”

  1. Uchan said

    Bedanya pulse ama alsa ini apa yah ji? Cuma tinggal make doang biasanya (doh)

Leave a Reply

 
